Custom Search
anatomy - histology - veterinary - cells - biotechnology

Karoten pada wortel

Karoten

Karoten memberikan warna oranye pada wortel dan berbagai buah-buahan serta sayuran lain.

Karoten memberikan warna oranye pada wortel dan berbagai buah-buahan serta sayuran lain.

Istilah karoten digunakan untuk menunjuk ke beberapa zat yang berhubungan yang memiliki formula C40H56. Karoten adalah pigmen fotosintesis berwarna oranye yang penting untuk fotosintesis. Zat ini membentuk warna oranye dalam wortel dan banyak buah dan sayur lainnya. Dia berperan dalam fotosintesis dengan menyalurkan energi cahaya yang dia serap ke klorofil.

Secara kimia, karoten adalah terpena, disintesis secara biokimia dari delapan satuan isoprena. Dia ada dalam dua bentuk utama yang diberi karakter Yunani: alfa-karoten (α-karoten) dan beta-karoten (β-karoten). Gamma, delta, dan epsilon (γ, δ dan ε-karoten) juga ada. Beta-karoten terdiri dari dua grup retinil, dan dipecah dalam mukosa dari usus kecil oleh beta-karoten dioksigenase menjadi retinol, sebuah bentuk dari vitamin A]. Karoten dapat disimpan dalam hati dan diubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan, dan membuatnya menjadi provitamin.

Beta Karoten adalah salah satu zat anti oksidan yang terdapat pada

buah-buahan ,antara lain terdapat pada Wortel , Kentang dan buah

Peach yang Lezat.

Zat anti oksidan sangat berguna untuk melawan

zat Radikal Bebas yang berasal dari zat-zat ra-

cun.

Radikal Bebas adalah awal dari penyakit ,terma

suk disini adalah penyakit jantung yang sangat

ditakuti.

Dengan adanya zat anti oksidan yang antara lain adalah Beta Karoten

yang terdapat pada Kentang ,Wortel ,Peach dll ,diketahui telah dapat

mengurangi sebanyak kurang lebih 40 % ,dengan hanya mengkonsum

si 50 mg Beta karoten setiap hari dalam menu makanannya.

Tentu saja dengan cara hidup yang sehat.

Fakta ini didukung oleh Penelitian yang dilakukan pada tahun 1994 -

dan 1997.

Sebanyak 25 .000 Pria dan Wanita diteliti selama 14 tahun .

Dan hasilnya ?

Dengan mengkonsumsi 50 mg Beta karoten seriap hari dalam menu

makanannya dapat jauh mengurangi resiko terkena panyakit jantung.

Bukan itu saja ,pada penelitia tsb juga dapat ditarik kesimpulan bahwa

Beta karoten juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker

Prostat sebanyak 36 %.

Perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran yang banyak mengan-

dung Beta Karoten.

ASI merupakan sumber makanan terbaik untuk bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang tidak terdapat pada formula bayi atau susu sapi. Diantara berbagai nutrisi yang terkandung dalam ASI adalah karotenoid, yang berfungsi untuk meningkatkan perlindungan infeksi pada bayi.

Di dalam tubuh manusia, karotenoid ditemukan pada berbagai jaringan dan cairan tubuh termasuk darah dan ASI. Beta karoten merupakan salah satu jenis karoten pada ASI, sekitar 25% dari total kandungan karotenoid berupa beta karoten. Jenis karotenoid lain yang ada di dalam ASI dan telah teridentifikasi adalah alpha karoten, gamma karotene, lycopene dan lutein.

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kandungan karotenoid dalam ASI, meskipun pada ibu yang kekurangan gizi. Hal ini menunjukkan bahwa karotenoid merupakan nutrisi penting untuk bayi. Kolostrum umumnya kaya akan karotenoid.

Karotenoid alami (juga dikenal sebagai ekstrak karoten) secara alami memberikan pigmen warna pada berbagai tumbuhan termasuk buah-buahan dan sayuran.

Karotenoid berperan penting bagi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. Karotenoid diasosiasikan dengan respon imun yang lebih baik, perlindungan terhadap kanker dan juga berfungsi sebagai antioksidan.

Anak yang kekurangan gizi seringkali memiliki konsentrasi serum karotenoid lebih rendah dibandingkan dengan anak yang cukup gizi. Anak yang kekurangan gizi cenderung mengalami masalah kesehatan yang serius.

Sumber karotenoid alami antara lain: wortel, kentang, mangga, labu dan sayuran berdaun hijau.

Beta karoten dan beberapa karotenoid lainnya merupakan nutrisi penting yang akan diubah menjadi vitamin A. Beta karoten merupakan sumber yang sangat potensial dari vitamin A dan memiliki aktivitas vitamin A tertinggi dari semua karotenoid yang diketahui.

Vitamin A berperan penting dalam diferensiasi sel pada tubuh bayi. Vitamin A penting untuk pertumbuhan yang normal dan menjaga keberadaan sel sehat.

Vitamin A juga membantu meningkatkan fungsi penglihatan.

Disamping itu, Vitamin A juga berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh anak dan meningkatkan ketahanan akan infeksi.

Karotenoid, beta karoten dan alpha karoten, secara umum dikenal untuk mengurangi radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang mungkin bersifat karsinogenik. Aktivitas antioksidan dari karotenoid adalah alasan dibalik efek anti kanker dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Memastikan karotenoid alami terdapat dalam makanan adalah salah satu cara untuk meningkatkan dan memperbaiki kesehatan anak.

Karotenoid alami melindungi anak dari terjadinya infeksi, menjaga pertumbuhan yang normal dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

Konsumsi Beta karoten tidak cukup untuk membantu pertumbuhan anak tan[a adanya karotenoid dalam nutrisi.

Minyak kelapa sawit, merupakan sumber yang kaya akan karotenoid alami dan merupakan bahan yang dapat diterima dengan baik untuk memperkaya nutrisi. Minyak kelapa sawit mengandung berbagai karotenoid, yaitu sekitar 60-65% beta-karoten, 30-35 % alpha-karoten dan 5-10% karotenoid esensial lainnya.

Karoten khasiat terselindung kaya Vitamin A


KAROTEN dan sterol tumbuhan memberikan khasiat yang terselindung di dalam pemakanan serta meningkatkan kesihatan tubuh badan.

Karoten ialah molekul pro-vitamin A larut lemak yang khasiatnya sudah lama dikaitkan dengan tubuh badan yang sihat.

Pakar pemakanan mengesyorkan supaya kita memakan makanan yang seimbang dan melebihkan kepada buah dan sayuran. Wujudnya karoten dan phytonutrient di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran dapat dikenal pasti dari warna-warna buah-buahan dan sayur-sayuran itu sendiri.

Tumbuh-tumbuhan sebenarnya menyumbangkan lebih 500 jenis karoten yang kebanyakannya terkandung di dalam protoplasma buah-buahan dan sayur-sayuran itu sendiri.

Walaupun memakan sayuran hijau dan buah-buahan dapat membekalkan karoten yang cukup, kajian mendapati bahawa bioavailability sumber karoten adalah terhad. Ini adalah kerana enzim yang ada dalam sistem pencernaan kita harus memecahkan protoplasma dan membebaskan karoten untuk diserap oleh badan. Sekiranya karoten itu diserap di bersama minyak atau lelemak, bioavailabilitinya adalah lebih tinggi.

Di sini minyak sawit memainkan peranan yang penting. Warna minyak sawit mentah yang diekstrak dari buah sawit yang oren-kemerahan adalah disebabkan oleh kandungan karoten yang tinggi - lebih kurang 800 hingga 1000 m/kg.

Ia juga didominasi oleh karoten alpha dan beta yang tidak ada pada minyak sayuran yang lain.

Proses untuk mendapatkan olein sawit yang dilakukan secara konvensional tidak dapat membendung karoten daripada musnah akibat dari suhu pemprosesan yang tinggi. Dengan kaedah baru yang dipelopori oleh Lembaga Minyak Sawit Malaysia (MPOB), kandungan karoten di dalam minyak sawit dapat dikekalkan.

Khasiat Karoten

Fungsi utama karoten ialah sebagai pro-Vitamin A. Isomer pro-Vitamin A yang paling aktif ialah ß-karoten diikuti oleh a-karoten.

Karoten dari minyak sawit didapati mengandungi kadar bioavailabiliti yang paling tinggi di antara semua sumber karoten tumbuhan. Ini telah mendorong ahli sains dan pakar pemakanan untuk mengkaji keupayaan minyak sawit merah dalam membantu mengatasi masalah kekurangan Vitamin A di mana membabitkan kira-kira 15 juta kanak-kanak di seluruh dunia yang berisiko menjadi buta.

Minyak sawit merah digunakan di dalam pelbagai bentuk untuk menyalurkan pro-Vitamin A kepada kanak-kanak yang menghadapi risiko kekurangan zat. Penemuan yang konsisten dari kajian mendapati bahawa masalah kekurangan Vitamin A di kalangan kanak-kanak itu dapat diatasi dengan pengambilan sekurang-kurangnya 1 sudu makan minyak sawit merah setiap hari.

Apabila ibu yang menyusu memakan makanan yang dimasak dengan minyak sawit merah, kandungan karoten di dalam susu ibu didapati meningkat secara mendadak. Dengan cara ini, karoten pro-Vitamin A dapat disalurkan kepada bayi melalui susu ibu dan dilihat pada peningkatan kadar plasma retina (plasma retinal level). Khasiat minyak sawit merah ini juga boleh di dapati dari makanan yang diberi kepada kanak-kanak yang baru berhenti menyusu.

Selain dari aktiviti pro-Vitamin A, karoten mempunyai fungsi-fungsi fisiologikal lain seperti pengantioksida, meningkatkan fungsi sistem imuniti dan aktiviti anti kanser.

Antara kesan positif hasil dari pengambilan makanan yang mengandungi sumber karoten yang tinggi ialah pengurangan risiko mascular degeneration, katarak, dan penyakit jantung.

Custom Search
 
task